Strategi Membangun Bisnis Online Shop yang Menguntungkan Serta Memiliki Banyak Customer

bisnis online shop

Bisnisduit – Agar sukses menjalankan bisnis online shop, maka yang terpenting adalah mendapatkan customer yang membeli produk Anda. Membaca berbagai tips untuk bisnis online shop memang sangat membantu. Namun, mempraktikkannya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Untuk itu, coba simak beberapa strategi untuk membangun online shop agar ramai dikunjungi customer.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Online Shop

Memilih Produk yang Tepat untuk Dijual

Tentu saja hal ini sudah jelas. Namun, sebaiknya Anda perhatikan lagi karena memang benar-benar penting. Produk atau jasa yang tepat bukan hanya berkualitas, namun juga unik. Ini penting agar jualan Anda dapat bersaing dengan kompetitor.

Sebab, akan cukup sulit bagi Anda untuk menggeser deretan produk lainnya, jika yang Anda jual juga serupa itu-itu saja. Contohnya, Anda bisa menjual barang yang jarang dijual secara online, namun permintaan produk tersebut tinggi.

Gunakan Riset Keyword untuk Menemukan Niche

Untuk membantu Anda menemukan niche tentang produk yang unik, maka lakukan riset keyword atau kata kunci. Ada dua cara paling mudah untuk riset keyword. Pertama, gunakan alat riset keyword seperti Moz Keyword Explorer, Ahrefs, atau SERPs.

Kedua, lakukan pencarian online untuk melihat kompetisi niche tersebut di pasaran. Alat riset keyword akan membantu Anda, untuk mengetahui jumlah pencarian berbagai kata kunci tiap bulannya.

Mempersiapkan Online Shop

Siapkan Persediaan Barang Jualan

Ada dua opsi utama jika Anda ingin menyetok barang untuk. Pertama, membeli dari pemasok, dan yang kedua adalah menjualkan barang atau dropshipping. Kelebihan beli barang adalah Anda mengetahui sendiri kualitas barangnya, namun kekurangannya Anda harus menyiapkan modal yang besar.

Sementara, kelebihan dropshipping adalah tidak memerlukan modal, namun tingkat persaingannya memang jauh lebih tinggi. Selain itu, Anda harus pandai-pandai memilih pemasok terpercaya untuk dropshipping.

Membuat Online Shop

Setelah menentukan produk dan niche Anda, sekarang waktunya membuat online shop milik Anda. Anda bisa menggunakan jasa agensi atau freelancer untuk membuatkan desain online shop yang bagus sekalian. Pastikan mereka memahami betul keinginan Anda, serta memberikan layanan seterusnya untuk maintenance.

Memasarkan Online Shop dengan Optimasi

bisnis-online-shop

Mengoptimasi Website di Mesin Pencarian

Jika website online shop Anda sudah jadi, maka waktunya Anda memasarkannya. Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengoptimalkannya untuk SEO. Bidik keyword yang tepat untuk mengetahui pencarian terhadap produk Anda.

Pastikan website Anda mencantumkan keyword tersebut di setiap tempat, mulai dari judul halaman, deskripsi produk, heading, meta data, dan URL-nya. Gunakan riset keyword untuk mengoptimalkan kata kunci tersebut.

Membuat Blog yang Bagus

Blog menjadi bagian yang sangat penting untuk mendatangkan traffic ke online shop Anda. Posting-lah secara teratur mengenai topik yang terkait dengan produk jualan Anda. Contohnya, jika Anda menjual baju, maka buatlah artikel tentang tips padu padan pakaian. Teknik ini dapat mempengaruhi psikologis customer untuk membeli.

Mengiklankan Secara Online

Buatlah bujet untuk promosi bisnis online shop Anda. Langkah awal yang tepat adalah dengan menggunakan Google Adwords dan iklan Facebook. Google Adwords membantu mengidentifikasi pencarian yang paling relevan untuk menampilkan iklan toko atau produk Anda, selain melalui pencarian ‘organik’ Google.

Sementara, iklan Facebook bekerja dengan cara sebaliknya. Anda membayar Facebook untuk menampilkan iklan yang sudah tertarget khusus, kepada calon customer yang memiliki minat terhadap jenis produk jualan Anda.

Contoh sederhananya, Anda membuat iklan Facebook tentang kaos The Beatles untuk customer penyuka band tersebut. Jadi, jika melalui Facebook, iklan Anda dapat ditujukan langsung kepada target pasar Anda. Nah, selamat mencoba.

Share: