Mengenal Cara Bisnis Syariah Secara Online

Mengenal Cara Bisnis Syariah Secara Online

Mengenal Cara Bisnis Syariah Secara Online

Bisnisduit – Bisnis online secara syariah sangat tepat dijalankan, untuk menghindari berbagai transaksi yang diharamkan. Sebenarnya, tiap jenis transaksi memiliki akad sendiri. Jadi, yang penting adalah mengetahui akad yang Anda gunakan ketika melakukan transaksi tersebut. Mari mengenal tentang bisnis online syariah sedikit lebih jelas.

Memahami Bisnis Online Syariah

Prinsip Berbisnis Online Secara Syariah

Semua bisnis menerapkan prinsip awal berdasarkan hukum muamalah yaitu ‘boleh’, terkecuali ada dalil yang melarang. Jadi, apapun bisnis online itu dapat dijalankan, asal tidak ada hal yang dilarang oleh agama. Contohnya, menjual miras secara online. Miras adalah barang haram, sehingga haram juga jika dijual secara online.

Syarat dan Ketentuan Bisnis Online Syariah

Syarat dan ketentuan bisnis syariah yang penting adalah barang yang dijual fotonya jelas. Artinya, foto dengan barang asli yang dijual harus sama. Contohnya, Anda memasang foto pakaian asli untuk jualan, lengkap dengan spesifikasinya. Jadi, tujuannya adalah tidak membuat pembeli mempertanyakan tentang barang tersebut.

Baca Juga : 4 Bisnis Sederhana Menguntungkan dengan Modal Kecil

Bisnis Online Syariah yang Menguntungkan

Google Adsense

Banyak internet marketer Indonesia yang menjalankan bisnis ini. Meski kelihatannya mudah, namun untuk menjalankannya Anda harus memiliki skill yang bagus. Jika menjalankan bisnis ini secara syariah, yang penting Anda mengikuti aturan dari Google.

Jadi, Anda tidak mengeklik iklan Anda sendiri, atau meminta orang lain untuk mengekliknya, juga tidak menempatkan iklan Anda di tempat yang tidak diperbolehkan. Dengan begitu, bisnis Anda akan senantiasa halal dan menjadi berkah.

Affiliate Marketing

Bisnis sederhana ini cocok bagi pemula. Jika tekun menjalankannya, Anda berpeluang menjadi jutawan. Kelebihannya, Anda tidak perlu memiliki stok untuk pembeli, cukup menjualkan barang dari penyedia seperti toko-toko online besar. Yang penting, Anda tidak memasarkan barang yang melanggar syariah, ya.

Dropshipping

Dropshipping pada dasarnya mirip dengan affiliate marketing. Namun, perbedaannya terletak pada jenis produk yang dijual. Affiliate marketing adalah istilah yang biasa digunakan untuk penjualan produk digital.

Sementara, dropshipping biasa dipakai sebagai istilah untuk penjualan produk fisik. Namun, pada intinya kedua bisnis ini sama, yakni Anda memasarkan produk milik orang lain. Konsep keduanya secara syariah juga sama.

Reseller

Jika menjadi reseller maka Anda membutuhkan modal lebih. Sebab, dalam sistem penjualan reseller Anda akan membeli produk orang lain untuk dijual kembali. Nah, reseller adalah salah satu bisnis syariah yang mudah untuk dilakukan.

Beberapa produk reseller yang paling laris di Indonesia contohnya seperti kosmetik dan pakaian. Umumnya, dalam proses transaksi reseller, tidak ada suatu hal yang melanggar prinsip syariah. Jadi, bisnis ini sangat baik untuk Anda jalankan.

Baca Juga : Ini Bisnis Rumahan yang Paling Populer di Indonesia

Bisnis Online Syariah Paling Laris

Menjual Pulsa dan Kuota

Anda tidak harus punya toko atau counter pulsa untuk menjalankan bisnis ini. Jadi, manfaatkan sistem jualan secara online. Anda pun dapat melakukannya dengan mengikuti prinsip syariah, sehingga tidak melanggar ketentuan dalam agama. Salah satu cara termudah yaitu dengan menggunakan smartphone untuk berjualan.

Membuatkan Website

Peluang bisnis online syariah ini masih sangat terbuka lebar. Berkembangnya dunia internet membuat kebutuhan website terus meningkat. Website juga dapat menjadi media untuk meningkatkan keuntungan bisnis bagi siapa saja.

Jika Anda memiliki keahlian dalam hal desain web, maka pilihan bisnis ini sangat cocok buat Anda. Bisnis online ini pun tidak mengandung unsur riba serta tidak melanggar prinsip syariah lainnya. Anda juga perlu selektif dengan tidak membuat website yang kontennya bertentangan dengan syariah, contohnya seperti judi.

Demikian ulasan mengenai bisnis online syariah, serta beberapa ide bisnisnya untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Share: